Cara Merawat Hamster

1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Sobat! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika sobat tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster sobat, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Sobat berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Sobat dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa sobat temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Sobat tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Sobat.

2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Sobat! Menyayanginya bukan berarti memanjakannya!

3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik. Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Sobat.

4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering, Sobat pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya.

5.Memberikan Hamster minum. Air minum yang diberikan untuk hamster harus air yang sudah masak.

6.Siapkan pasir untuk hamster mandi. Pasir yang digunakan bukan pasir yang biasa. Sobat bisa membeli pasir khusus hamster di Petshop.

7.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Induk hamster mempunyai perasaan yang sangat tajam. Bila Induk hamster merasa anaknya tidak sempurna, Induk hamster akan memakan anaknya sendiri. Bila sobat ingin memberi susu kepada bayi hamster, sobat harus memindahkan induknya ke bayi hamster. Beri waktu beberapa menit, setelah selesai sobat bisa pindahkan induknya kembali.

8.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster sobat masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Sobat dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Sobat harus mengantisipasi hal ini dulu.
0 Responses

Posting Komentar

abcs